PERANAN DEPARTEMEN PEMBELIAN DI HOTEL ARYADUTA MEDAN

Authors

  • Erix

Keywords:

Peran Departemen Pembelian

Abstract

Departemen Pembelian merupakan bagian dari akuntansi perusahaan yang bertujuan
untuk mengawasi dan membantu dalam pengadaan barang yang diperlukan oleh masing masing
departemen, baik dari departemen kantor depan maupun dari departemen kantor belakang.
Departemen Pembelian juga berfungsi mengontrol dan melakukan pengecekan
barang yang masuk dan harus disesuaikan dengan pesanan pembelian atau daftar pasar agar
tidak terjadi kelebihan ataupun kekurangan dan juga harus berkoordinasi dengan bagian
menerima apakah barangnya berkualitas baik, apabila kedatangan barang terlambat, maka
operasional hotel akan terhambat dan jika tidak melakukan pengecekan barang dari segi
kualitas, maka akan mempengaruhi kualitas makanan sehingga akan memberi dampak buruk
terutama dari para tamu.
Hotel Aryaduta Medan adalah hotel bintang lima tingkat nasional yang terbesar di
Indonesia dan dimiliki oleh Lippo Group, terletak di Pusat Kota dan dekat dengan pusat
pembelanjaan Grand Palladium, Merdeka Walk, Stasiun Kereta api dan juga dekat dengan gedung
- gedung pemerintah. Penulis mendapat kesempatan untuk mengamati operasional di departemen
pembelian Hotel Aryaduta Medan.
Penulis menggunakan metode pengamatan dan wawancara sebagai pengumpulan data.
Penulis mendapatkan data dengan menggunakan metode pengamatan dan wawancara langsung
dengan kepala bagian Pembelian di Hotel Aryaduta Medan.
Pada akhirnya, penulis merangkum dan memberikan beberapa rekomendasi yang
menurut penulis dapat mengembangkan potensi departemen Pembelian perusahaan di masa yang
akan datang.

Published

09-09-2019

Issue

Section

Articles