https://bikom.itnb.ac.id/index.php/bisnis/issue/feed Jurnal BIKOM 2024-09-09T00:43:08+00:00 Nikous Soter Sihombing nikous@itnb.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal BIKOM memiliki ISSN <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1565418507">2656-1794 (media online)</a>. BIKOM menyediakan sarana publikasi nasional bagi para peneliti baik profesional maupun akademisi pada bidang penelitian yang berhubungan dengan scope Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Akuntansi Manajemen, Kewirausahaan dan Bisnis Digital. Jurnal BIKOM diterbitkan oleh Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis dengan metode peer-review, secara periodik (2 bulanan) pada bulan: <strong>April dan Oktober</strong></p> https://bikom.itnb.ac.id/index.php/bisnis/article/view/193 Pengaruh LDR, NIM, dan BOPO terhadap Nilai Perusahaan pada Bank Swasta Terdaftar di BEI Tahun 2019-2021 2024-09-09T00:33:56+00:00 Stefanie Cuianda stefanie.chuiandaa@gmail.com Duffin duffin@itnb.ac.id <p>Nilai perusahaan mencerminkan sudut pandang investor terhadap kinerja perusahaan pada masa kini dan masa mendatang. Indikator utama dari nilai perusahaan bank dapat dinilai dari tingkat profil risiko. Menurut Peraturan Bank Indonesia, profil kesehatan bank dapat ditentukan melalui perhitungan faktor CAMELS. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan pengaruh dari rasio CAMELS terhadap perubahan dalam nilai perusahaan dikarenakan banyaknya penelitian yang menunjukkan hasil yang berbeda. Rasio yang akan digunakan meliputi Loan-to-Deposit (LDR), Net Interest Margin (NIM) dan Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO). Penelitian ini dilakukan pada bank swasta yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Total populasi dalam model penelitian ini adalah 38 bank swasta yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LDR berpengaruh positif, NIM secara negatif tidak berpengaruh, dan BOPO berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Koefisien determinasi dalam penelitian ini yakni 39.5% dari nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel independen yang termasuk di dalam penelitian, sementara sisa 60.5% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini</p> 2024-09-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Stefanie Cuianda, Duffin https://bikom.itnb.ac.id/index.php/bisnis/article/view/192 Pengaruh Gaya Hidup Generasi Z dan Kepribadian Terhadap Penggunanan Pinjaman Online (Studi kasus Generasi Z di Kota Medan dengan Aplikasi Keuangan (Fintech) 2024-09-06T10:05:42+00:00 Adi Harianto hariantoadi668@gmail.com Deva Djohan djohan@itnb.ac.id Mhd Restu Razaq restu@itnb.ac.id Latersia Br Gurusinga latersiabrgurusinga@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana gaya hidup dan kepribadian Generasi Z mempengaruhi penggunaan pinjaman online di Kota Medan. Orang yang lahir pada tahun 1997 hingga 2012 disebut sebagai Generasi Z. Mereka terkenal karena kemampuan teknologinya yang tinggi dan keinginannya untuk bertransaksi sederhana, seperti menggunakan layanan pinjaman online. Ciri-ciri kepribadian seperti disiplin, keterbukaan, dan kecenderungan mengambil risiko juga dapat mempengaruhi perilaku keuangan seseorang. Metodologi penelitian ini memadukan pendekatan kuantitatif dan survei terstruktur dengan sampel warga Generasi Z Kota Medan. Pertanyaan pemanfaatan pinjaman online, kepribadian, dan gaya hidup termasuk di antara survei yang digunakan untuk mengumpulkan data. Untuk menguji teori dan menilai dampak faktor kepribadian dan gaya hidup terhadap pemanfaatan pinjaman online, teknik statistik seperti regresi berganda digunakan. Untuk menguji teori dan menilai dampak faktor kepribadian dan gaya hidup terhadap pemanfaatan pinjaman online, teknik statistik seperti regresi berganda digunakan. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan Generasi Z dalam menggunakan pinjaman online di Kota Medan. Implikasi dari temuan ini dapat menjadi landasan untuk menciptakan inisiatif pendidikan keuangan dan pemasaran yang lebih masuk akal</p> 2024-09-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Adi Harianto