Dampak Promosi Penjualan untuk Meningkatkan Penjualan pada PT. Global Aksara Motor Medan
Keywords:
Promosi Penjualan, PenjualanAbstract
Promosi penjualan merupakan salah satu dari empat aspek promosi mix. (Tiga bagian lain dari promosi mix adalah periklanan, personal selling, dan publisitas / public relations). Media dan non-media komunikasi pemasaran yang digunakan untuk waktu yang telah ditentukan, terbatas untuk meningkatkan permintaan konsumen, merangsang permintaan pasar atau meningkatkan ketersediaan produk. Adanya penurunan penjualan di tahun 2010, penjualan adalah 65,20%. PT. Global Aksara motor Medan telah mengamati faktor-faktor penurunan penjualan berhubungan terhadap promosi penjualan. Faktor yang mungkin adalah perusahaan belum menerapkan promosi penjualan yang menarik untuk mempromosikan produk. Penulis memilih judul: Dampak Promosi Penjualan untuk Meningkatkan Penjualan pada PT. Global Aksara Motor Medan.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan beberapa metode seperti data deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji determinasi, dan uji hipotesis. Dari hasil koefisien korelasi antara variabel x dan y variabel, menghasilkan 0,947 yang berarti promosi penjualan memiliki hubungan yang kuat (dampak) untuk meningkatkan penjualan di PT. Global Aksara motor Medan. Persentase promosi penjualan untuk meningkatkan penjualan adalah 89,60% dan persentase sisa 10,40% dipengaruhi oleh faktor lain dari iklan, publisitas, dan personal selling yang tidak dibahas dalam skripsi ini. Dari perhitungan uji hipotesis, The zcount> z tabel, ini berarti hipotesis Null (Ho) ditolak dan alternatif (Ha) diterima. Promosi penjualan memiliki dampak untuk meningkatkan penjualan pada PT. Global Aksara Medan motor. Penulis membuat beberapa rekomendasi yaitu PT. Global Aksara Medan motor dapat mendistribusikan kupon, menggunakan surat, pameran dan kontes untuk pelanggan, dapat menawarkan diskon dan kupon untuk, dan dapat mencetak dan memberikan promosi spesialisasi.