ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN DI HOTEL CARIBIA MEDAN

Authors

  • Alex Sitepu

Keywords:

Motivasi, Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Komunikasi dan Kinerja

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja Karyawan Hotel Caribia Medan. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh dari faktor kepemimpinan secara parsial terhadap kinerja Karyawan di Lingkungan Hotel Caribia? 2) Apakah terdapat pengaruh dari faktor komunikasi secara parsial terhadap kinerja Karyawan di Lingkungan HOTEL CARIBIA ? 3) Apakah terdapat pengaruh dari faktor iklim organisasi secara parsial terhadap kinerja Karyawan di Lingkungan HOTEL CARIBIA? 4) Apakah terdapat pengaruh dari faktor motivasi kerja secara parsial terhadap kinerja Karyawan di Lingkungan HOTEL CARIBIA? 5) Apakah terdapat pengaruh dari faktor kepemimpinan, komunikasi, iklim organisasidan motivasi secara simultan terhadap kinerja Karyawan di Lingkungan HOTEL CARIBIA?
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Adapun variabel independen dalam model ini adalah dari kepemimpinan, komunikasi, iklim organisasi, dan motivasi kerja, sedangkan variabel dependennya adalah kinerja Karyawan. Untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial, digunakan uji t. Di lain pihak untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simutan, digunakan uji F. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik proporsional sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, dokumentasi, kuesioner dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan, komunikasi dan iklim organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja Karyawan di Lingkungan HOTEL CARIBIA, dan satu-satunya variabel yang mempunyai pengaruh signifikan adalah variabel motivasi kerja. Hal ini terbukti dari p value yang signifikan pada α = 0,05.

Downloads

Published

04-11-2020

Issue

Section

Articles