Pengaruh Gaya Hidup Generasi Z dan Kepribadian Terhadap Penggunanan Pinjaman Online (Studi kasus Generasi Z di Kota Medan dengan Aplikasi Keuangan (Fintech)
Keywords:
Generasi Z, Kepribadian, Pinjaman OnlineAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana gaya hidup dan kepribadian Generasi Z mempengaruhi penggunaan pinjaman online di Kota Medan. Orang yang lahir pada tahun 1997 hingga 2012 disebut sebagai Generasi Z. Mereka terkenal karena kemampuan teknologinya yang tinggi dan keinginannya untuk bertransaksi sederhana, seperti menggunakan layanan pinjaman online. Ciri-ciri kepribadian seperti disiplin, keterbukaan, dan kecenderungan mengambil risiko juga dapat mempengaruhi perilaku keuangan seseorang. Metodologi penelitian ini memadukan pendekatan kuantitatif dan survei terstruktur dengan sampel warga Generasi Z Kota Medan. Pertanyaan pemanfaatan pinjaman online, kepribadian, dan gaya hidup termasuk di antara survei yang digunakan untuk mengumpulkan data. Untuk menguji teori dan menilai dampak faktor kepribadian dan gaya hidup terhadap pemanfaatan pinjaman online, teknik statistik seperti regresi berganda digunakan. Untuk menguji teori dan menilai dampak faktor kepribadian dan gaya hidup terhadap pemanfaatan pinjaman online, teknik statistik seperti regresi berganda digunakan. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan Generasi Z dalam menggunakan pinjaman online di Kota Medan. Implikasi dari temuan ini dapat menjadi landasan untuk menciptakan inisiatif pendidikan keuangan dan pemasaran yang lebih masuk akal