ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI, KOMITMEN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI PEGAWAI PADA STMIK TIME MEDAN

Authors

  • Hengky Kosasih

Keywords:

Komunikasi, Komitmen Kerja, Lingkungan Kerja, Prestasi Pegawai

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh melemahnya prestasi pegawai. Hal ini bisa dilihat antara lain masih banyak pegawai yang belum dipercayai atasan, semangat pegawai dalam menyelesaikan tugas yang diberikan rendah, keterbukaan pegawai dalam mengemukakan pendapat kepada atasan rendah, kurangnya disiplin pegawai dalam menyelesaikan tugas-tugas rutin. Faktor komunikasi, komitmen dan lingkungan kerja, merupakan fokus dari penelitian ini, karena faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi prestasi pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji pengaruh komunikasi, komitmen dan lingkungan kerja terhadap prestasi pegawai pada STMIK TIME Medan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 63 orang. Sementara sampel penelitian ini adalah sampel jenuh dimana sampelnya adalah seluruh populasi. Penelitian ini, dinamakan penelitian populasi menggunakan metode sensus.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi terhadap prestasi pegawai pada STMIK TIME Medan. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara komitmen terhadap prestasi pegawai pada STMIK TIME Medan. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan kerja terhadap prestasi pegawai pada STMIK TIME Medan. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi, komitmen dan lingkungan kerja terhadap prestasi pegawai pada STMIK TIME Medan dengan koefisien determinasi 82,2%.

Published

01-03-2019

Issue

Section

Articles