Mengenal Pemasaran Digital dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Benny Lim

Keywords:

Pemasaran Digital, Markplace, UMKN

Abstract

Di era digital saat ini, semua sektor memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan produksi dan meningkatkan penjualannya, tidak terkecuali para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Namun faktanya, banyak kendala yang dihadapi, misalnya sumber daya manusia yang ada belum bisa menggunakan teknologi dan informasi, mahalnya biaya pengadaan teknologi, minimnya referensi, dan sebagainya. Tujuan dilakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada para pelaku UMKM di Keluarahan Buaran Tangerang Selatan, tentang penggunaan pemasaran digital dan pasar digital, sehingga dapat mengatasi masalah menurunnya penjualan akibat pandemi Covid-19. Metode kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara memaparkan materi dan berbagi pengalaman. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pemaparan dilakukan dengan cara menampilkan materi berupa slideshow, gambar, dan video. Sedangkan sesi berbagi pengalaman dilakukan dengan menunjukkan secara langsung bagaimana melakukan pemasaran digital di pasar digital, seperti cara mendaftar dan membuka toko digital di shopee, tokopedia, bukalapak, dan lain sebagainya. Kemudian dijelaskan pula, bagaimana mendapatkan produk yang kompetitif dari marketplace. Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari, Selasa 05 Oktober 2021 sampai dengan 07 Oktober 2021. Secara argumentatif hasil kegiatan ini menjadi referensi bagi para peserta, tentang bagaimana berbisnis di era digital. Sehingga para peserta mendapatkan pengetahuan, yang menyadarkan akan pentingnya beradaptasi. Selain itu, kegiatan ini memacu semangat berbisnis dengan model baru, yakni lebih mengoptimalkan penjualan Online di pasar digital.

Published

02-03-2020

Issue

Section

Articles